ANDIKA SATRIA

TUGAS US

About

Suzuki Stratosphere, Inline 6 Silinder Aroma Modern !!

Suzuki Stratosphere

ADVERTISEMENT
Brosist sekalian. . . Gema sepeda motor bermesin Inline-Six (6 silinder sejajar) yang pernah terkenal di era 70-80’an, Memang sudah lama terlewat. . . Namun, Mesin yang punya jumlah piston tak lazim ini, Perlu diakui memiliki animo dan fans yang sangat besar dari seluruh dunia. . .
Nah, Apa jadinya bila Suzuki membuat sebuah prototype motor bermesin 6 Silinder sejajar ?? Yuk kita simak bareng-bareng aja Brosist. . . Cekidots !


Suzuki Stratosphere 2

Nama sepeda motor tersebut adalah Suzuki Stratosphere, Sebuah motor inline 6 Silinder yang lahir di ajang Tokyo Motor Show, 9 tahun silam (2005). . . Nama motor ini langsung mengingatkan EA’s Blog pada pelajaran Geografi saat SMA silam, Yakni Stratosphere (Baca : Stratosfer) yang berarti lapisan atmosfer bumi kedua, dan berfungsi melindungi bumi dari Radiasi sinar ultraviolet. . .
Entah apa hubungannya (mungkin di-hiperbola kan supaya rider motor ini bisa merasa terbang tinggi mencapai awang-awang), Namun Naked-Bike ala Suzuki ini memang menggoda banget deh Brosist. . . Persis seperti Honda CBX1047, Benelli Sei, atau Kawasaki Z1300 yang juga bermesin Inline-Six, yang tampil sangar dan berperforma dahsyat di era-nya. . .

Suzuki Stratosphere 4

Secara visualisasi, Suzuki Stratosphere ini mengusung desain naked-bike yang mengacu pada styling Suzuki GSX1100 Katana, yang merupakan Naked-Bike andalan suzuki sejak era 80-an silam. . . Meskipun mengusung mesin Inline-Six yang besar, namun bukan berarti motor ini harus tampil lebar dan merepotkan loh Brosist. . .
Suzuki membuat mesin Inline-Six ini seramping mungkin dengan menggunakan jarak piston sesempit mungkin. . . Ini membuat mesin Suzuki Stratosphere sangat ramping, Bahkan diklaim ukurannya hanya 3/4 kali ukuran mesin Suzuki Hayabusa yang notabene hanya bermesin Inline-Four (4 silinder sejajar). . . Biyuhh, Cakepp euy !!

Suzuki Stratosphere 8

Beralih ke detail mesinnya, Suzuki Stratosphere mengusung mesin Inline-Six, DOHC, 24 Valve, berkapasitas 1.100cc. . . Mesin 6 Silinder yang berpendingin cairan (radiator) ini, diklaim Suzuki mampu memuntahkan power hingga 180 HP, plus torsi badak hingga 135 N.m loh Brosist !!
 yang dikenal sebagai motor tercepat Suzuki pun hanya mampu memuntahkan tenaga maksimum 197 HP. . . Alias masih beti laahh dengan perbedaan kubikasi yang sangat jauh. . . :D

Suzuki Stratosphere 7

Yang membuatnya tambah menarik, Suzuki Stratosphere juga sudah dibekali teknologi maju seperti Selectable Dual-Transmission, yang memungkinkan rider memilih perpindahan gigi antara manual atau otomatis. . . Tak hanya itu, Motor ini juga sudah dibekali teknologi keren lainnya seperti Anti-Theft Wireless Key System (teknologi anti maling nirkabel), Built-In GPS, Handlebar Adjustable, plus Headlamp dengan Lampu LED. . .


Well. . . Satu hal yang disayangkan, Suzuki Stratosphere justru hanya berakhir sampai pada tahap motor konsep semata. . . Padahal, Banyak kalangan yang menganggap motor ini berikut segala teknologinya merupakan penerus yang menjanjikan untuk generasi Suzuki B-King & Hayabusa. . . Sayangnya, Hingga kini kita hanya bisa menyaksikan mesin eksotis Inline-Six 1.100cc milik Stratosphere hanya sebatas motor konsep saja. . . Btw, bisa kali yaa sekarang di produksi untuk menyaingi ..

So, Suzuki Stratosphere ? Now, Suzuki Needs You !!!
Suzuki Stratosphere 6