ANDIKA SATRIA

TUGAS US

About

Suzuki Bandit 250 (GSF250), Tourer Ganas Pencuri Hati Bikers !


Bandit Main

 Maka kali ini korban yang akan kita ulas secara mendalam adalah Seteru terdekatnya di kancah 250cc Supernaked, yaitu Suzuki Bandit 250 !!
Seperti apa sih detail, sejarah serta pernak-perniknya ?? Yuk kita intip Brosist……

B7

Suzuki Bandit 250 (GSF250), Adalah varian terkecil dari keluarga Bandit – Series milik Pabrikan Suzuki. . . Bandit 250 merupakan adik terkecil dari semua varian bandit yang ada yakni Bandit 400, Bandit 600, Bandit 650, Bandit 750, Bandit 1200 & Bandit 1250. . . Bandit 250 awalnya diperkenalkan pada tahun 1989, Hingga akhirnya distop prduksi pada tahun 2000-an. . .Dalam masa edarnya, Bandit 250 memiliki beberapa varian, Yakni Standar, Variable Valve Timing (GSF250V), Serta Limited Edition (GSF250Z)
Bandit 250 saat itu diposisikan sebagai penantang utama Kawasaki Balius ZR-250, Lantaran diperkenalkan dalam jangka waktu yang mirip (Bahkan modelnya juga mirip). . . Dari berbagai kabar burung yang beredar, Motor ini juga katanya pernah diimpor ke Indonesia loh Brosist. . .

Bandit Generations
ADVERTISEMENT

B5

Dari Sektor Desain, Tampak Bandit 250 mengusung frame yang berbeda dibanding versi fairingnya (GSX-R 250) bahkan dengan kompetitor lainnya. . . Jika GSX-R 250 menggunakan Frame Twinspar Alumunium, Maka Bandit 250 menggunakan jenis frame yang mirip dengan kompetitor lainnya yakni Tubular-Steel. . . Akan tetapi di Bandit 250 terlihat Frame Tubular nya dibuat menjadi susunan Trellis yang kini identik dengan Pabrikan Ducati. . .

B8

Sisi Detailnya terlihat identik dengan kakak-kakak nya sesama “Geng” Bandit nih Brosist. . . Gak heran sih ya, Karena desain sport naked era 90-an memang seperti ini. . . Contohnya bisa brosist lihat pada desain para kompetitornya seperti Kawasaki Balius (ZR-250) & Honda Hornet 250 (CB250F). . . Sayangnya, Bandit 250 tak dilengkapi dengan part yang eksotis layaknya Swing Arm with Stabilizer, Frame Alumunium Twinspar, ataupun Rem Depan Double Disc Brake yang kita temui di GSX-R 250. . .

Bandit 1

Di Sektor Mesin, Suzuki GSF250 ini memiliki spesifikasi yang paling mentereng ketimbang para kompetitornya. . . Jika, Kompetitornya menggunakan mesin Sport Fairing 250 cc yang di spek down dengan tuning ulang agar menyesuaikan dengan karakter jalanan, Maka hal tersebut tak akan kita temui pada Suzuki Bandit ini Brosist. . . Yup ! Bandit 250 memiliki Spesifikasi yang Identik dengan versi Sport fairingnya GSX-R 250 yakni memiliki Power Output sebesar 45 HP @ 14. 000 RPM. . . Power sangar tersebut dihasilkan dari Konfigurasi mesin Liquid-Cooled, Inline-4 Silinder, DOHC 16 Valves (4 Valve per Silinder) dengan Rasio Kompresi yang cukup padat yakni 12,5 : 1. . .
Power yang besar tadi terasa semakin mantap, Saat mulai tahun 1995 Suzuki memberikan tambahan berupa Variable Valve Timing dalam diri Bandit 250. . . Produk ini lantas dikenal dengan nama GSF250V, dengan kode V sebagai Variable Valve Timing (VVT). . . Berkat VVT ini, Power Sang Bandit menjadi tersalur merata dan semakin smooth, lantaran semua mekanisme tutup buka Valve (Klep) diatur oleh perangkat elektronik. . .

Bandit 2

Sayangnya hal tersebut sedikit ternodai saat kita melihat bobot Bandit yang tergolong berat untuk motor seukurannya. . . Bobot sang Bandit ini tercatat sekitar 165 Kg Brosist !! Alias lebih berat sekitar 14 Kg ketimbang Honda Hornet 250. . .
Meskipun demikian, Bobot tersebut jelas tak mengurangi kadar eksotisme dari motor bengis ini Brosist. . . Yup, Tarikan serta Raungan ala 16.000 RPM lebih, Tentunya akan membuat jantung kita dagdigdugserr meskipun hanya dengan melihatnya saja. . . Topspeed nya pun tergolong sangat mengerikan, yakni diklaim mampu tembus 190 Km/h Brosist !! Beda tipis dengan sang saudara nya GSX-R 250 SP. . .Wedyaannn abiss !!
Brosist penasaran Mau lihat seperti apa akselerasinya ?? Nanti di akhir artikel akan EA’s Blog sertakan juga Video-nya untuk Brosist. . .

Sebagai Tambahan, Nih Dia EA’s Blog berikan Spesifikasi Lengkapnya untuk Brosist sekalian :

Manufaktur : Suzuki
Model : GSF250 (Standard, V Model & Limited Edition)
Tahun Pembuatan : 1989 – 2000

Engine : 4-Tak, Liquid Cooled, Inline-4 Silinder DOHC 16 Valves (4 Valves per Silinder), SPES Exhaust System
Bore x Stroke : 49 x 33 mm
Kapasitas Silinder : 248 cc
Sistem Penyuplai BBM : 4 x Karburator Mikuni VM 32 Special Edition
Rasio Kompresi :   12, 5  :  1
Transmisi : 6 – Speed, Constant Mesh
Starter : Elektrik Starter
Max Power : 45 HP @ 14.000 RPM

Max Torsi : 25, 5 N.m @ 10.500 RPM
Top Speed : 190 Km/h

Panjang x Lebar x Tinggi : 2050 x 735 x 1060 mm
Jarak Sumbu Roda : 1435 mm
Tinggi Jok : 750 mm
Berat Kosong : 165 Kg
Kapasitas Tangki BBM : 14 Liter

Frame : Tubular-Steel Frame
Suspensi Depan : Teleskopik Fork
Suspensi Belakang : Monoshock Linkage, Swing arm
Rem Depan : Cakram Hidrolik 320 mm , Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Cakram Hidrolik 220 mm, Kaliper 1 Piston
Ban Depan : 110/70 – 17
Ban Belakang : 140/70 – 17


Well. . . Meskipun di luar negeri pamornya masih kalah mengkilap ketimbang kompetitornya, Namun Bandit 250 ini tetaplah menawarkan sesuatu yang lebih Brosist. . . Sebut saja Powernya yang besar plus Styling yang gagah nan Mantap, belum lagi bila ditambahkan dengan Variable Valve Timing yang maknyus itu lho. . . Apalagi Sang Bandit 250 inilah satu-satunya Generasi Sport Naked 250cc yang disinyalir pernah pernah masuk ke Pasar Indonesia, Tentunya di kelas yang sama. . .
Oleh karena itu, Tak berlebihan rasanya Bila EA’s Blog memberikan tagline :
” Suzuki Bandit 250, Touch the Power & Get Steal “
B6