ANDIKA SATRIA

TUGAS US

About

hal hal sepele satria fu

Pernah ngalamin gak bro? Satria FU bermasalah mati mati mendadak. Masalah Satria FU mati mendadak ini gejalanya kayak motor telat bensin. Padahal bensin full, karburator juga baru diservis. Busi baru ganti. Anehhh. Nahh ternyata penyebabnya gak selalu masalah gede bro sis. Bisa jadi soal sepele tuh. 
Masalah Satria FU jalannya stop and go, mati idup mati idup ini bukan stop and go yang gaya balap yaa. Tapi masalah bensin macet ngalir ke karbu di Suzuki Satria FU 150. Mesin start, terus mendadak mati setelah jalan beberapa meter. Berulang terus sampai akhirnya tidak sampai tujuan. Masalahnya sederhana, tapi kalau kejadiannya begini berlangsung lama, tetap aja bikin capek hati.
Sepintas, problemnya ada di karburator. Tapi bukan itu sebenarnya yang terjadi! Persoalan muncul karena karet di tutup tangki Satria F-150 melar. Karena melar, celah udara di pinggir lubang tangki tertutup. Akibatya terjadi kevakuman di dalam tangki. “Dampaknya bensin ogah turun atau telat ke karburator,” bilang Yong Setiady, pemilik bengkel Yonk’s Motor di Jl. Kenari, Bandung.
Solusi buat kondisi mendesak bisa dilakoni lewat cara melubangi tutup tangki. Lubangi pakai mata bor 3 mm (gbr. 1). Posisinya nggak jauh dengan posisi celah udara di pinggir lubang tangki. “Masalahnya cuma di karet yang gampang melar. Diganti pun enggak bisa karna menempel di tutup tangki,” ulas Yong. 
Cara lain yang seandainya masih banyak waktu bisa mengganti tutup tangki. Pakai punya Suzuki Smash atau Shogun 125 (gbr. 2). Harga Rp 15.000. “Tinggal pasang. Saya sudah ganti tutup tangki lebih dari dua unit Satria F-150. Kejadiannya sama persis,” timpal Hasan Basri, pemilik dan mekanik bengkel Hasan Motor, Kelapa Dua Raya, Jakarta Barat.


Nah itu tadi kemungkinan solusi masalah satria fu mati mendadak. Hal sepele tapi kadang kelupaan gak dicheck bro sis. Sebelum buang duit ke bengkel, lebih baik dicheck dulu tips diatas