Suzuki Madura, Sang Cruiser Kekar yang Bernama Unik !!
Penamaan sebuah sepeda motor memang kadang membingungkan bagi yang tak mengerti sejarah ataupun asal usulnya… yaa akui saja, karena EA’s Blog pun merasa demikian :) . . . Nah, berbicara tentang penamaan nama produk yang aneh, Maka Brosist harus melirik ke Pabrikan asal Jepang, Suzuki. . .
Mengapa Suzuki ? Yaa, Karena mereka memang terkenal menciptakan nama-nama produk yang cukup “aneh”… terlebih di telinga orang “barat” sana. . . Sebut saja Suzuki Address, Belang (WTF !), Djebel, Gladius (Glad Serious ?), Goose, Smash (Minta ditabrak ?), Ugly Duck (???), V-Strom (kenapa nggak V-Storm ?), Virus (Ini motor yang gak mau dinaikin EA’s Blog :P ) & Volousia. . .
Masih Kurang ?? Yaa, Ini dia motor yang menurut EA’s Blog punya nama yang paling aneh diantara nama-nama produk diatas, Khususnya bagi telinga Anak Bangsa… yaitu, Suzuki Madura ! Penasaran seperti apa produk bernama aneh Suzuki yang satu ini ?? Yuk kita bahas bareng-bareng aja Brosist. . . Cekidots !!
Terkecoh dengan judulnya ? Yap, demikian juga halnya dengan EA’s Blog :D . . . Tapi faktanya, Meskipun menggunakan nama yang tak asing di telinga orang Indonesia… Motor yang akan kita bahas kali ini, ternyata bukanlah sesuatu yang berasal dari Tanah yang terkenal dengan budaya karapan sapi nya, alias Pulau Madura tersebut. . .
Dan anehnya…. Meskipun namanya sangat mengundang ketertarikan karena mengandung dua unsur yang berjauhan, namun dekat di telinga kita (Suzuki & Madura)… Tapi anehnya sangat jarang, bahkan belum ada (silahkan cmiiw) yang membahas tentang motor keren asal Pabrikan berlogo S ini. . . Entah apa penyebabnya …… :(
Oke, Balik lagi ke
Suzuki Madura sebenarnya terbagi atas 2 produk, yakni Madura GV700 GL (698cc) & Madura GV1200 GL (1165cc), dan uniknya keduanya sama-sama ditujukan untuk “membunuh” Honda Magna 700 & Magna 1100. . . Namun, Fokus yang akan kita bahas kali ini adalah yang versi 1200cc saja yaa Brosist. . .
Tahukah Brosist ??
Nama Suzuki Madura dipercaya diambil karena
Suzuki sangat ingin merebut pasar Power Cruiser dari tangan Honda
Magna. . . Selain stylingnya mirip, konfigurasi mesin mirip plek, bahkan
penamaan nya pun dibuat hampir sama, Yaitu MAgnA & MAdurA. . . Any
Question ??
Dari sisi desain, Suzuki Madura 1200 dibekali desain cruiser yang kental dengan nuansa sport, terlihat dari shape desainnya yang kekar, bermesin besar, dan stang yang tak terlalu panjang… Dan karena itulah, Madura 1200 sering disebut sebagai power cruiser / muscle cruiser. . . Eits, Tapi meskipun lahir di tahun 80-an, Tapi Madura sudah dibekali Cakram depan ganda, Cakram belakang, Suspensi depan teleskopik adjustable & suspensi belakang monoshock loh Brosist… Pokoknya, Styling nya maknyus deh. . .
Beralih ke sisi mesin, Madura dibekali mesin 4-Tak, 1165cc berkonfigurasi V-4 (V-Four) DOHC 16 Valve, dengan Hydraulic Lifter Camshaft, plus sensasi Suzuki Twin Swirl Combustion Chamber (TSCC) ala Sport Bike Suzuki kala itu. . . Berbeda dengan H-D yang lebih mengutamakan sensasi mesin V-Twin nya… Madura 1200 menawarkan sesuatu yang sangat menggiurkan lewat mesin V-Four 1200cc High-RPM nya (untuk ukuran motor cruiser) yang bagaikan motor Sport Sungguhan !
Buktinya, Suzuki Madura GV1200 GL diklaim mampu memuntahkan power hingga 117 HP plus catatan top speed hingga lebih dari 120 Mph (192 km/h) loh Brosist ! Bandingkan dengan catatan Harley-Davidson Wild Glide 1985 yang berkubikasi 1337cc, yang hanya mampu memuntahkan power sekitar 64 HP saja. . . Cruiser yang Brillian bukan ??
Tahukah Brosist ??
Suzuki Madura menggunakan Hydraulic Lifter
Camshaft…. Apa itu ? Ya, Itu adalah mekanisme untuk memutar camshaft
(Noken-As) dengan bantuan sejenis pompa hidrolis yang tenaganya berasal
dari pompa oli. . . Pompa hidrolis ini membantu penggunaan Chain-Driven
Camshaft (rantai keteng) milik Madura 1200, agar lebih presisi, minim
perawatan & durasi pakainya jauh lebih lama. . . Sayangnya, Ini
justru mengurangi power mesin 1165cc milik Madura 1200. . .
Sebagai tambahan, Ini dia Spesifikasi lengkap Suzuki Madura GV1200 GL… Spesial untuk Brosist sekalian. . .
Manufaktur : Suzuki Motor Co.
Model : GV1200 GL (Madura 1200)
Tahun Pembuatan : 1984-1985 (Dijual 1985-1986)
Mesin : 4-Tak, 82º V-Four (V-4), DOHC 16 Valves, Liquid-Cooled, Twin Swirl Combustion Chamber (TSCC), Hydraulic Lifter
Bore x Stroke : 78 x 61 mm
Kapasitas Mesin : 1165 cc
Sistem Penyuplai BBM : 4 x Mikuni BDS 36SS
Rasio Kompresi : 10,5 : 1
Transmisi : 6-Speed
Max Power : 117 HP @ 8.500 RPM
Max Torsi : N.a
Frame : Diamond Tube, Steel Frame
P x L x T : 2.225 x 870 x 1.215 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.575 mm
Tinggi Jok : 736 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 145 mm
Berat Kosong : 245 Kg
Kapasitas Tangki BBM : 13 Liter
Suspensi Depan : 41mm Air Assisted Teleskopik Fork
Suspensi Belakang : Kayaba Monoshock, Full Floater
Rem Depan : 2 x Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston
Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston
Ban Depan : 110/80 – 19 Inch
Ban Belakang : 140/80 – 16 Inch
Well. . . Dalam kisah yang telah ditorehkannya, Madura tercatat mampu terjual sebanyak 5099 unit dalam kurun waktu 2 tahun. . . Meski di berbagai buku yang EA’s Blog baca, Madura sering disebut sebagai sosok yang “Tidak beruntung” jika dibanding kisah Honda Magna, Namun Madura 1200 tetaplah Power Cruiser yang punya nilai tersendiri di aspek peforma & handling nya. . .
Oleh karena itu, Sekiranya motor ini layak untuk EA’s Blog berikan tagline :
“ Suzuki Madura, The Ill-Fated Power Cruiser”
Oke, Sampai disini dulu perjumpaan kita di kesempatan kali ini yaa Brosist. . . Kita akan bertemu lagi di Next Artikel History hasil Request Bro Dejectermoto9191 yakni tentang sosok lawan dari Suzuki Madura, Yakni Honda Magna… yang ternyata memiliki basis mesin Sport Bike legendaris Honda VFR-Series loh Brosist. . . Oleh karena itu, Tetep stay tuned terus bareng EA’s Blog yaa… See Yah !!
So, Suzuki Madura ??
Brosist pernah Mendengar Namanya ??