ANDIKA SATRIA

TUGAS US

About

suzuki gsx 250 sp

Suzuki GSX-R 250 SP, 250cc Super Screamer Engine Andalan Suzuki !

GSX R SP
Alhamdulillah. . . Bertemu lagi kita pada kesempatan kedua di hari ini tentang Artikel History Ringan ala EA’s Blog. . . Pada kesempatan kali ini, Kembali EA’s Blog akan mengulas tentang motor 250cc super yang selalu kita bayangkan bisa dihidupkan kembali untuk memuaskan dahaga para Brosist pencinta Speedlovers sekalian. . .
ADVERTISEMENT
Setelah sebelumnya kita pernah membahas tentang jajaran 250cc 4-Tak Legendaris layaknya Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja ZX-2R & Yamaha FZR250R yang juga mengisi posisi ini, Maka kali ini kita akan membahas tentang Kompetitor terakhir di Kelas 25occ ini Brosist, Yaitu Suzuki GSX-R 250 SP. . .
Seperti apa sih Seluk-beluk, Detail & Performa High RPM nya ?? Yuk kita bahas bersama-sama Brosist. . . Cekidotss !!

GSX R

Suzuki GSX-R 250 SP (Selanjutnya kita singkat menjadi GSX 250 aja ya Brosist) adalah salah satu anggota dalam jajaran Motor 250cc 4-Tak Legendaris asal 4 Pabrikan besar Negeri Sakura. . . Baby GSX ini diperkenalkan resmi ke Publik pada tahun 1987 dan mengalami beberapa update desain hingga akhirnya resmi distop produksinya pada tahun 1994 silam ( EA baru umur 2 tahun, Nih motor bengis udah discontinue T_T ). . .
Untuk versinya, GSX 250 ini terbagi menjadi dua Versi yakni GSX-R 250 & GSX-R 250 SP, Dimana versi SP (Sport Production) mengusung beberapa part yang lebih beraroma Racing seperti karburator lebih gambot, Shockbreaker Full Adjustable & Kaliper Cakram lebih Besar dibanding versi R yang merupakan versi Standar. . . Untuk menghemat artikel, Pembahasan detail kita kali ini akan difokuskan ke Generasi Terakhirnya saja ya Brosist. . .
*Untuk keseluruhan generasi Baby GSX ini bisa Brosist lihat pada gambar dibawah yaa :

GSX Generations
GSX Last Gen

Bila melihat dari sisi Desain, Tentunya GSX 250 ini mengingatkan kita akan rupa Motor Sort Jadul… dengan Body Gambot, Lampu “Bulet-bulet” serta Buritan yang klasik namun Seksi abis deh Brosist. . . Namun jangan salah loh, Meski desainnya cupu bila dibandingkan dengan motor-motor jaman modern sekarang, Tapi apa yang ada di dalam GSX 250 ini pasti bikin kita menelan ludah deh Brosist. . .
Tuh, Lihat aja Frame Twinspar & Swing Arm Seksi berbahan Alumunium Casting nya, Yang ini bukan Almu-almu an loh tapi Full Alumunium beneran. . . Belum lagi Stang Clip On nya yang keren abis plus Fork Teleskopik 41mm nya yang Gambot. . . Wuihh bikin ngiler maksimal deh pokoknya. . . :D


GSX R3
GSX Dash

Canggihnya detail di sisi desain, Ternyata menjalar juga ke sektor mesin loh Brosist. . . Yap ! Seperti para kompetitornya, Suzuki juga membekali GSX 250 ini dengan mesin super 4-Tak, 250cc Inline-4 Silinder DOHC 16 Valves, berpendingin Liquid Cooled, dengan redline RPM super gila, 17.000 RPM. . . !!
Tak hanya itu yang ciamik, Di bagian sistem penyuplai BBM-nya, GSX 250 menggunakan 4 Karburator Mikuni 32 mm pada Versi SP & 4 Karburator Mikuni 29 mm pada Versi R. . . Jangan bergeming dulu ya Brosist, Sebab ternyata si GSX R 250 ini juga sudah dibekali S-PES (Suzuki Power Up Exhaust System) Layaknya EXUP System di Yamaha FZR250R. . . Wuihh gokill !!

GSX 4


Performa nya pun tak perlu dipertanyakan. . . Muntahan power maksimalnya kabarnya mampu mencapai 53 HP @ 15.500 RPM ! Namun diakibatkan Regulasi pemerintah jepang sana terkait pembatasan power motor, Walhasil Power Baby GSX ini pun harus dikebiri menjadi hanya 45 HP @ 14.000 RPM saja Brosist. . .
Namun, Berkat ukuran stroke-nya yang hanya 33 mm, Walhasil Baby GSX ini mampu dengan mudah menembus 19.000 RPM. . . Tentunya RPM setinggi itu adalah sebuah cita rasa tersendiri mengingat raungan knalpotnya persis ala jagoan motoGP yang selalu kita saksikan di Layar Kaca. . . Waow Josspoll !!

Sebagai Tambahan, Nih EA’s Blog Berikan Spesifikasi lengkap si Baby GSX alias GSX-R 250 SP ini. . . . Cekidott !!

Manufaktur : Suzuki
Model : GSX-R 250 L (SP Version)
Tahun Pembuatan : 1994

Engine : 4-Tak, Liquid Cooled, Inline-4 Silinder DOHC 16 Valves (4 Valves per Silinder), SPES Exhaust System
Bore x Stroke : 49 x 33 mm
Kapasitas Silinder : 248 cc
Sistem Penyuplai BBM : 4 x Karburator Mikuni VM 32 Special Edition
Rasio Kompresi :   12,5  :  1
Transmisi : 6 – Speed, Constant Mesh
Starter : Elektrik Starter
Max Power : 45 HP @ 14.000 RPM (Restricted)
Max Torsi : 24 N.m @ 10.500 RPM
Top Speed : 200 Km/h

Panjang x Lebar x Tinggi : 2000 x 700 x 1105 mm
Jarak Sumbu Roda : 1370 mm
Tinggi Jok : 770 mm
Berat Kosong : 138 Kg
Kapasitas Tangki BBM : 16 Liter

Frame : Alumunium Twinspar-Perimeter Frame
Suspensi Depan : Teleskopik Fork 41 mm
Suspensi Belakang : Monoshock Linkage, Alumunium Swing arm with Stabilizer
Rem Depan : 2 x Cakram Hidrolik 300 mm , Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Cakram Hidrolik 250 mm, Kaliper 1 Piston
Ban Depan : 100/80 – 17
Ban Belakang : 130/70 – 17


Well. . . Suzuki GSX-R 250 SP merupakan salah satu dari jajaran motor 250cc terbaik di Dunia. . . Tak bisa dibohongi, Feeling mengendarai motor ini dengan raungan maut ala 19.000 RPM nya memang sesuatu banget deh Brosist, Intinya Bohong kalo Brosist gak Ngiler. . . So, Tak berlebihan rasanya bila EA’s Blog memberikan tagline :

” Suzuki GSX-R 250 SP, The Real Baby Beast “

GSX R Last